Menu

Merawat Wajah dengan Bahan Alami agar Cantik dan Mulus

0 Comments


Merawat wajah dengan bahan alami agar cantik dan mulus perlu dilakukan secara ekstra dengan memilih bahan-bahan berkualitas dan tidak berbahaya.
Apalagi jika tipe kulit Anda adalah kulit sensitif, maka Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih berbagai produk kosmetik. Mulai dari pelembab, krim anti-penuaan, serum, exfoliator, hingga pembersih wajah (facial foam).
Kulit wajah berbeda dengan kulit tubuh kita yang lebih kasar dan lebih kuat. Sebaliknya, kulit wajah bersifat lebih lembut dan sensitif.

Oleh sebab itu, saat mencuci wajah, Anda harus memperlakukannya seperti kain sutra yang lembut dan rentan. Gosoklah wajah menggunakan tangan yang bersih secara lembut dengan gerakan melingkar, hindari menggosok secara kasar dan hindari juga menggunakan pembersih wajah seperti sabun muka yang kasar atau mengandung pewangi.

Memberikan terlalu banyak tekanan atau menggosok terlalu kasar dapat menyebabkan kapiler kulit wajah rusak, menyebabkan kulit meregang, dan dapat menyebabkan kulit berwarna kemerah-merahan. Lambat-laun, kulit wajah akan mudah mengalami tanda penuaan seperti kerutan halus, kering, dan kendor.

Merawat wajah dengan bahan alami agar cantik dan mulus

Jika ingin tampil cantik dengan kulit putih, mulus, bersih, dan sehat, Anda wajib memberikan perawatan wajah secara maksimal. Tidak harus selalu berupa perawatan dengan biaya mahal, Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan bahan alami yang murah dan mudah ditemukan di sekitar rumah.

Melakukan cleansing secara maksimal untuk langkah pertama untuk menjaga agar kulit wajah tetap sehat

Tidak peduli produk kosmetik apa pun yang Anda gunakan untuk wajah, segera setelah selesai, Anda wajib membersihkannya secara menyeluruh hingga ke pori-pori terdalam. Untuk membuka pori-pori, mulailah membasuh wajah dengan menggunakan air hangat, dan hindari menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering serta berjerawat.

Pembersih alami yang bisa Anda andalkan salah satunya adalah susu dingin yang bisa diterapkan menggunakan bola kapas. Pembersih alami ini sebaiknya diterapkan 2-3 kali sehari untuk menghindari agar kulit tidak kering, terutama jika Anda sering bekerja di ruangan ber-AC.

Memanfaatkan scrub untuk mengelupas sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan jerawat

Sel kulit mati yang tidak terangkat dengan sempurna melalui proses mencuci wajah, dapat menimbulkan berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, kulit wajah berminyak, muka terlihat kusam, hingga menimbulkan jerawat.

Sebulan sekali atau sebulan dua kali, gunakan scrub untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati agar bisa digantikan oleh sel yang baru dan segar. Ini akan membuat kulit menjadi lebih halus, lebih putih, terlihat bersinar, segar, dan awet muda.

Secara khusus, mengangkat sel kulit mati bisa membantu memutihkan wajah karena sel-sel kulit yang mudah dan baru cenderung membuat wajah terlihat lebih bersinar dan lebih cerah. Jika ingin mengetahui metode memutihkan wajah secara alami, Anda bisa melihat artikel saya yang lainnya Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat.

Hindari melakukan scrubbing setiap hari karena dapat menyebabkan abrasi dan menyebabkan kulit berubah menjadi kering. Gunakanlah exfoliator ringan dari produk kosmetik favorit Anda. Atau Anda bisa memilih beberapa exfoliator alami seperti:

  1. Yogurt yang mengandung asam laktat dan alpha hidroksi acid. Kandungan tersebut biasanya ditemukan pada produk perawatan kulit. Hanya saja yang terkandung di dalam yogurt cenderung lebih ringan dan lebih halus. Jika menggunakan yogurt, setelah menggosok-gosokkannya secara lembut dan halus, diamkan sekitar 20 menit lalu kemudian dibersihkan dan dibilas.
  2. Gula pasir juga bisa dimanfaatkan sebagai exfoliator alami karena mengandung asam glikolat serta Alpha hidroksi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kulit dalam memproduksi sel baru. Sehingga, kulit akan menjadi lebih lembut dan lebih halus.

    Cara menggunakannya, sediakan setengah cangkir gula pasir, kemudian tambahkan minyak zaitun atau minyak biji anggur secukupnya. Lalu aduk hingga campuran tersebut membentuk pasta. Setelah itu, terapkan di kulit wajah sambil dipijat-pijat dengan gerakan melingkar. Diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum dibersihkan dan dibasuh dengan menggunakan air hangat.

  3. Pepaya adalah pilihan exfoliator alami untuk kulit wajah lainnya yang sangat ampuh untuk mengelupas sel kulit mati, mengatasi kerutan-kerutan halus, serta menyamarkan bintik-bintik hitam dan bekas luka.

    Kandungan papain yang paling ampuh terdapat pada pepaya muda. Cobalah memilih pepaya yang masih hijau. Kemudian hancurkan buahnya setelah dikupas hingga terasa halus dan lembut, lalu oleskan di sekujur wajah. Setelah itu, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dan dicuci dengan air hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *